cover
Contact Name
Ika Chastanti
Contact Email
Chastanti.ika@gmail.com
Phone
+628116511986
Journal Mail Official
nukleus@ulb.ac.id
Editorial Address
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Selatan, Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418
Location
Kab. labuhanbatu,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus
ISSN : 24429481     EISSN : 26857332     DOI : https://doi.org/10.36987/jpbn
Jurnal Pendidikan Biologi merupakan jurnal elektronik yang merupakan wadah penerbitan artikel penelitian original yang terkait dengan penelitian pendidikan biologi. Jurnal ini dikelola oleh Program Studi Pendidikan Biologidibawah naungan LPPM Universitas Labuhanbatu. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam setahun pada bulan Maret dan September. Jurnal ini menyajikan hasil penelitian dibidang Pendidikan Biologi dan sains Biologi.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Agustus 2018" : 5 Documents clear
PENGARUH STRATEGI, INQUIRING MINDS WHAT TO KNOW TERHADAPHASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEMDI KELAS X SMA NEGERI 2 TORGAMBATAHUN PEMBELAJARAN2017/2018 Siti Suharni Simamora
JURNAL PEMBELAJARAN DAN BIOLOGI NUKLEUS Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Agustus 2018
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpbn.v4i2.1112

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh terhadap hasil belajar dengan menggunakan Strategi Inquiring Minds What to Know di kelas X SMA Negeri 2 Torgamba Tahun Pembelajaran 2017/2018. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Torgamba yang jumlahnya 106 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster sample terdiri dari kelas X-2 sebagai kelas kontrol dan X-3 sebagai kelas eksperimen. Terdapat peningkatan yang signifikan teradap hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan strategi inquiring minds what to know. Sebelummenggunakanstrategi inquiring minds what to know memiliki nilai rata-rata 38,78 kategori
STUDI KEANEKARAGAMAN PLANKTON SEBAGAI PAKAN ALAMI UDANG PADA PERAIRAN EKOSISTEM MANGROVE BELAWAN, SUMATERA UTARA Rivo Hasper Dimenta; Khairul Khairul; Rusdi Machrizal
JURNAL PEMBELAJARAN DAN BIOLOGI NUKLEUS Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Agustus 2018
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpbn.v4i2.1501

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman plankton yang menjadi pakan alami dari udang kelong (P. indicus). Penelitian telah dilakukan selama 2 bulan di sekitar perairan muara sungai yang memiliki ekosistem mangrove Belawan, pada bulan Mei hingga Juni 2017. Metode yang digunakan dalam penentuan lokasi sampling untuk pengambilan sampel plankton adalah ”Purposive Sampling” pada 5 (lima) stasiun pengamatan dengan 2 kategori zona yaitu zona alami dan zona pemanfaatan, dilakukan 3 (tiga) kali ulangan setiap stasiun. sampel plankton diambil dengan menggunakan Plankton Net. Analisa data Kelimpahan Plankton menggunakan persamaan (APHA, 1998), untuk indeks keanekaragaman Plankton dengan persamaan Indeks Shannon-Wiener (H’), dan Analisa Korelasi Kelimpahan Terhadap Parameter Biologi (udang dan mangrove) menggunakan analisis korelasi Pearson dari perangkat lunak SPSS versi 20. Hasil penelitian diperoleh Kelimpahan plankton tertinggi dijumpai pada stasiun 1 dan 3 yang didominasi oleh kelompok fitoplankton dari genus Melosira, Gonatozygon, Skeletonema, Asterionellopsis, Ceratium, Thalassionema, Odontella, Nitzchia, dan Coscinodiscus, serta Kelompok zooplankton dari genus Brachionus dan Cyclops. Sedangkan Kelimpahan plankton terendah dijumpai pada stasiun 2 dan 5. Nilai indeks keanekaragaman (H’) plankton tertinggi ditemukan pada stasiun 1 (2,26) yang merupakan kawasan alami dengan minim aktivitas manusia dan memiliki ragam jenis mangrove, serta merupakan area pasang-surut yang baik. Sedangkan nilai indeks keanekaragaman (H’) plankton terendah pada stasiun 2 (0,97) yang berlokasi paling jauh dari muara sungai Belawan. Hasil analisis korelasi pearson antara kelimpahan plankton terhadap faktor biologi lingkungan (kerapatan mangrove dan populasi udang kelong P. indicus) menunjukkan korelasi positif/searah yang sangat kuat dengan nilai masing-masing sebesar 0.91 dan 0.94
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN MENGGUNAKAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI SMA NEGERI I TORGAMBA KABUPATEN LABUHAN BATU SELATAN Zunaidy Abdullah Siregar
JURNAL PEMBELAJARAN DAN BIOLOGI NUKLEUS Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Agustus 2018
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpbn.v4i2.1113

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tindakan dikelas mata pelajaran biologi dengan menggunakan model pembelajaran pendekatan kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas XI SMA Negeri I Torgamba Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya nilai belajar belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran melalui pendekatan kooperatif Jigsaw pada materi pokok sistem pencernaan. Penelitian ini dilakukan sebanyak 3 siklus. Dari penelitian yang dilakukan, persentase ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan yang cukup tinggi. Pada siklus 1 atau prasiklus persentase ketuntasan belajar hanya 20 %. Pada siklus 2 terjadi peningkatan namun hanya menjadi 52,38 %. Lalu pada pada siklus 3 persentase ketuntasan belajar siswa menjadi 90,48 %. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw tindakan kelas dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi materi pokok sistem pencernaan pada siswa kelas XI SMA Negeri I Torgamda Kabupaten Labuhan Batu Selatan.
PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMEMPUAN BERPIKIR KRITIS DI MTs NEGERI RANTAUPRAPAT Maharani Gultom; Dini Hariyati Adam
JURNAL PEMBELAJARAN DAN BIOLOGI NUKLEUS Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Agustus 2018
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpbn.v4i2.1595

Abstract

Hasil belajar yang kurang maksimal menunjukkan kemampuan berpikir kritis siswa yang kurang maksimal pula. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa adalah problem based learning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi biologi. Tekhnik pengambilan sampel denngan cara purposive sample. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII-H sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-I sebagai kelas kontrol. Penelitian quasi eksperimental ini menggunakan Pretest-posttest control design. Variabel yang diukur adalah kemampuan berpikir kritis siswa yang diperoleh dari skor pretest dan postest dengan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata skor kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen adalah 66,67 sedangkan kontrol adalah 60. Hasil uji-t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran biologi model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di MTs Negeri 1 Rantauprapat. Simpulan dari penelitian ini adalah model problem based learning berpengaruh meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran biologi.
KUALITAS SUNGAI KUALUH KABUPATEN LABUHANBATU UTARA DI TINJAU DARI FAKTOR FISIK-KIMIA DAN BIOLOGI Arman Harahap
JURNAL PEMBELAJARAN DAN BIOLOGI NUKLEUS Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Agustus 2018
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpbn.v4i2.1111

Abstract

Sungai Kualuh merupakan sungai yang terdapat di Gunting Saga Kabupaten Labuhanbatu Utara Provinsi Sumatera Utara. Di sungai ini banyak terdapat aktifitas masyarakat yang berlangsung seperti Pemandian, Penambangan pasir, Pertanian, Perhubungan dan Perikanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas air Sungai Kualuh di tinjau dari faktor Fisik-Kimia dan Biologi yang dimilikinya. Penelitian ini dilakukan mulai bulan April 2018 sampai bulan Juni 2018, sampel yang diambil dari lima stasiun penelitian. Titik pengambilan sampel ditentukan dengan metode purposive random sampling. Sampel diambil dengan menggunakan surberner dan kemudian di identifikasi di laboratorium. Dari hasil penelitian diketahui bahwa kandungan phosfat, COD, dan TSS sudah melebihi batas baku mutu air, sedangkan parameter yang masih memenuhi baku mutu air yaitu Suhu, pH, BOD5, DO, Nitrat dan TDS. diketahui juga bahwa total score yang diperoleh dengan metode storet yaitu -30, hal ini menunjukkan bahwa jika dihubungkan dengan baku mutu air golongan I maka tergolong dalam perairan kelas III, yang artinya tercemar sedang.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 9, No 2 (2023): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus July 2023 Vol 9, No 1 (2023): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus March 2023 [IN PRESS] Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus November, 9(3) 2023 Vol 8, No 3 (2022): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus November 2022 Vol 8, No 2 (2022): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Juli 2022 Vol 8, No 1 (2022): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Maret 2022 Vol 7, No 2 (2021): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus September 2021 Vol 7, No 1 (2021): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Maret 2021 Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus September 2020 Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Maret 2020 Vol 5, No 2 (2019): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus September 2019 Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Maret 2019 Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Agustus 2018 Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Februari 2018 Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Agustus 2017 Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Februari 2017 Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Agustus 2016 Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Februari 2016 Vol 1, No 2 (2015): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Agustus 2015 Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Februari 2015 More Issue